Senin, 17 Februari 2014

Makalah Pemrograman (TURBO PASCAL)



A.                        Pengertian Turbo Pascal

Turbo Pascal adalah program yang biasanya digunakan untuk membuat program sederhana dengan kode-kode deklarasi tertentu di dalamnya. Atau dalam bahasa baku nya adalah: sebuah sistem pengembangan perangkat lunak yang terdiri atas kompiler dan lingkungan pengembangan terintegrasi”.

B.                       Jenis-jenis Program Pascal

Turbo Pascal pertama kali ditemukan oleh Borland Pascal pada sekitar tahun 1981 di Naskom. Beberapa versi dari Turbo Pascal adalah sebagai berikut:

1.     Versi DOS
Turbo Pascal didasari oleh kompiler (suatu program yang menerjemahkan bahasa program) Bule Laber Pascal secara resmi dihasilkan untuk Nascom mikrokomputer pada 1981 oleh Anders Hejlsberg. Borland Pascal melisensikan inti Pascal milik Hejlsberg dan menambahkan tampilan muka dan editor. Program Pascal yang terintegrasikan memiliki kualitas yang sangat bagus dibandingkan dengan produksi Pascal yang lain pada saat itu dan juga sangat diterima di kalangan umum.

2.     Versi 1 hingga 3
Versi pertama Turbo Pascal atau yang biasa disebut sebagai versi 1, memiliki kinerja yang sangat cepat dibandingkan kompiler pascal untuk komputer mikro lainnya. Program ini tersedia dalam sistem operasi CP/M, CP/M-86 dan MS-DOS, versi ini juga dapat digunakan pada komputer Apple II.
Sementara Versi 2 dan 3 adalah pengembangan lebih lanjut dari versi pertama, mampu bekerja dalam memori dan menghasilkan berkas biner berekstensi ".COM" atau ".CMD". Dukungan daris sistem operasi CP/M dan CP/M-86 deihentikan setelah terciptanya versi 3.

3.     Versi Assembly
Saat seluruh versi dari Turbo Pascal dapat memasukkan kode mesin, versi selanjutnya memberikan kemampuan untuk berintegrasi dengan mudah pada bahasa Assembly tanpa pascal. Dukungan untuk 8086 mode memory disediakan dengan inline assembly, pilihan kompiler, dan ekstensi bahasa seperti kata kunci yang "pasti".

4.     Versi 4 dan 5
Versi 4 dikembangkan tahun 1987 adalah perangkat lunak yang ditulis ulang untuk keseluruhan sistem. Program versi ini akanmenghasilkan berkas biner berekstensi ".EXE" pada MS-DOS dant tidak memakai ".COM". Versi ini adalah versi awal memiliki layar menu berbasis teks dan editor full-screen.
Versi 5.x diperkenalkan dengan layar biru yang kemudian menjadi ciri khas yang sangat familiar, yang kemudian menjadi merek dagang perusahaan perangkat kompiler MS-DOS sampai era DOS berakhir di pertengahan tahun 1990-an.

5.     Versi 7 (terakhir)
Versi terakhir yang pernah ditembangkan adalah versi 7. Borland Pascal 7 terdiri atas sebuah IDE, dan kompiler untuk MS-DOS, DOS terekstensi, dan program Windows 3.x. Turbo Pascal 7 di sisi lain hanya bisa membuat program MS-DOS standar. Perangkat lunak tersebut dilengkapi pula dengan pustaka grafis yang mengabstraksi pemrograman dalam menggunakan beberapa driver grafis eksternal, namun unjuk kerja pustaka ini tidak memuaskan.

C.                       Struktur Turbo Pascal

Turbo Pascal terdiri dari beberapa struktur, yakni judul program (program heading) dan blok program atau badan program (body program). Struktur program Pascal dapat terdiri atas:

1. Judul program
Judul program bila ditulis, harus terletak pada awal dari program dan
diakhiri dengan titik koma.
Example :
Program contoh;
Begin
Wirte(’..........’);
End

2. Blok program
       a. Bagian deklarasi
- deklarasi label
Deklarasi yang menggunakan statemet Goto untuk meloncat ke suatu statement yang tertentu, maka dibutuhkan suatu label pada statement yang dituju. Mendeklarasikan label diawali dengan kata cadangan label diikuti oleh kumpulan indentifier label dengan dipisahkan oleh koma dan diakhiri dengan titik koma.
- deklarasi konstanta
Deklarasi yang menggunakan indentifier yang berisi nilai-nilai konstanta. Definisi konstanta diawali dengan kata cadangan Const diikuti dengan kumpulan indentifier yang diberi suatu nilai konstanta.
Example : progarm contoh_konstanta;
          Const
Panang = 10;
Lebar = 5;
Begin...............
End.
- deklarasi tipe
Deklarasi yang mendenifisikan tipe data dari indentifier yang digunakan dalam progarm.
- deklarasi variabel
Deklarasi yang mendefinisikan indentifier yang berisi data yag dapat berubah-ubah nilainya didalam program. Kata cadangan Var digunakan sebagai judul didalam bagian deklarasi variabel dan diikuti oleh satu atau lebih indentifier yang dipisahkan koma, diikuti dengan titik dua dan tipr dari datanya serta diakhiri dengan titik koma.
- deklarasi prosedur
- deklarasi fungsi
b. Bagian pernyataan

D.                      Input dan Output pada Turbo Pascal

-          MEMASUKKAN DATA
Turbo pascal menyediakan prosedur untuk mamasukan data yaitu prosedur standar :
READ → Untuk memasukan data dalam 1 baris.
READLN → Untuk memasukan data perbaris ( pada baris yang berbeda ), artinya menekan
Tombol enter maka akan ganti baris, sedangkan pada READ tidak.
-          MENAMPILKAN HASIL
Sementara untuk menampilkan hasil dengan bahasa pascal digunakan prosedur
standar :
WRITE → Untuk menapilkan hasil tanpa baris,dimana tampilan berikutnya
akan disambung pada baris yang sama.
WRITELN → Untuk menapilkan hasil dengan ganti baris, dimana tampilan
berikutnya berada
Pada baris yang berikutnya pula.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar