Senin, 17 Februari 2014

Tips Cara Belajar yang Aktif dan Kreatif



Bagi para siswa, belajar termasuk kegiatan yang mereka sering lakukan, baik diinginkan maupun hanya paksaan. Dikarenakan hukum di Indonesia yang mengharuskan untuk para pemuda agar belajar selama 12 tahun—atau sampai tingkat SMA sederajat—maka mau tidak mau para pelajar harus membiasakan diri dengan belajar. Namun tidak semua siswa menyukai belajar, baik secara akademik ataupun otodidak. Inilah tipsnya agar para pelajar dapat menyukai kegiatan belajar dan lebih aktif dan kreatif dalam menekuni bidangnya masing-masing.

1.      Sukailah pelajaran yang kamu tekuni.

Ini tahap pertama untuk kamu yang tidak suka belajar. Memang langkah pertama ini kelihatannya susah, tapi memang semua hal yang kita lakukan pertama kali selalu terlihat susah. Anggap saja ini sebuah langkah menuju kesuksesan di masa depan.

2.      Pilihlah cara efektif untuk kamu belajar.

Setiap manusia memiliki cara yang berbeda untuk menangkap informasi yang akan diterimanya. Ada yang lebih menangkap dengan cara visual, cara ini biasanya dilakukan melalui indra penglihatan atau mata. Mereka yang lebih memilih cara ini cenderung lebih suka membaca buku atau melihat orang lain melakukannya. Ada juga cara menangkap dengan audio biasanya cara ini dilakukan dengan mendengarkan suara atau mendengar cerita/penjelasan orang lain.

3.      Konsisten dengan konsekuensinya.

“Ada harga, ada kualitas.”
Mungkin perumpamaan ini yang tepat untuk tips kali ini. Buat kamu yang mau belajar dengan efektif agar masa depannya terjamin, pasti ada harga yang akan kamu bayar. Misalnya, supaya bisa belajar lebih giat kamu menyingkirkan waktu untuk ekskul kamu atau buat sekadar hang out bareng temen kamu dan menggantinya dengan pelajaran tambahan di luar sekolah atau membaca kembali catatan-catatan kamu yang kurang kamu pahami. Atau bisa juga kamu diejekin sama temen-temen kamu gara-gara kamu mulai sering berkutat dengan buku. Yah, tidak apa-apalah, anggap saja mereka yang ngejek kamu adalah orang-orang sirik yang jauh tertinggal di belakang kamu.
Tetapi, bukan berarti ini membuat kamu lupa diri lalu menutup diri dan menjauhi temen-temen kamu. Tentu saja tidak, itu bakalan membuat kamu dicap sebagai makhluk nerd atau culun. Well, kamu ga mau kan punya cap seperti itu?

4.      Belajarlah bersama teman-teman.

Sesekali ajak teman-temanmu untuk belajar bareng. Entah itu belajar kelompok atau cuman acara membahas pelajaran, pokoknya belajar lah intinya. Maksudnya sih supaya kamu termotivasi dengan kehadiran temen-temen kamu dan temen-temen kamu juga jadi lebih pintar. Jadi semacam simbiosis mutualisme, kamu untung dan temen kamu untung juga.

5.      Buat target yang menantang.

Hidup itu harus punya tujuan, bukan cuma selingan. Jadi tiap awal semester kamu harus bikin daftar target yang bakal kamu dapatkan di akhir semester nanti. Setelah bikin, jangan lupa dijadikan acuan, jangan diselipin di buku terus dilupakan gitu aja. Sama aja, ga ada hasilnya.
Setelah bikin daftar target, jangan lupa cari cara buat dapetin semua yang kamu targetin. Jangan cuman doa sambil ongkang-ongkang kaki di rumah. Percuma.

Kayaknya cukup deh buat postingan pertamaku di blog ini. Salah khilaf mohon maaf, wassalamualaikum all :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar